» » Ancaman Buruk Komunikasi Via SMS

Selasa, 21 Agustus 2012

Ancaman Buruk Komunikasi Via SMS

Ancaman Buruk Komunikasi Via SMS | Boomberita - Kemajuan teknologi komunikasi memang sudah canggih. Kita dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada nan jauh dari kita dengan mudah dan cepat. Ya, handphone adalah alat komunikasi yang sebagian besar orang di dunia memilikinya. Terlebih lagi kini handphone sudah bukan merupakan barang mewah. Semua kalangan dapat memiliki handphone dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan handphone kita dapat berkomunikasi secara lisan atau menggunakan layanan pesang singkat yang disebut SMS (Short Message Service). Namun dibalik kemudahan berkomunikasi via handpone tersebut, terdapat beberapa pengaruh buruk yang mengancam kita.

Ber-SMS ria yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan di bagian tangan, leher dan lengan. Mengapa demikian ? Hal tersebut dikarenakan posisi punggung membungkuk dan hanya menggunakan salah satu ibu jari saat sms mungkin memiliki lebih banyak masalah dengan tangan, leher dan lengan dibandingkan yang berdiri lurus serta menggunakan lebih banyak jari. Orang yang sering mengirim SMS dengan posisi tubuh menunduk memicu tekanan pada leher dan otot bagian punggung atas sehingga timbul rasa nyeri dan pegal. Apalagi jika anda adalah seorang maniak mengirim SMS, aktivitas yang dilakukan secara berulang dan sering, maka hal itu akan mengganggu jaringan, merusak dan menyebabkan rasa sakit.

Studi lain menyebutkan kalau terlalu banyak aktivitas berkirim SMS dapat menghambat perkembangan psikis seseorang bahkan sampai bisa disebut dengan kecanduan SMS. Kalau kita perhatikan, banyak orang yang mengirim SMS tanpa batas waktu mulai dari bangun di pagi hari hingga akan tidur di malam hari. Teringat dengan sebuah komik "benny and mice" yang berbicara tentang handphone. Ketika orang bangun pagi dan memegang handphone diibaratkan seperti orang tersebut hidup kembali melihat dunia, walaupun yang dilakukannya hanya mengecek apakah ada pesan masuk atau sekedar mengirim sms selamat pagi kepada orang lain. Mereka memegang handphone dan ibu jari tanpa henti menari di atas tut handphone. Dampak nyata yang terlihat di lingkungan sekitar adalah seseorang menjadi terus-terusan memainkan handphone sehingga menjadi malas melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi, makan sampai belajar serta tidur. Bahkan sampai berkendara di jalan raya pun masih saja ber-SMS ria, sungguh tak ada waktu kah mereka untuk tidak bermain handphone saat berkendara. Bahaya sekali, fokus berkendara akan menjadi terpecah dan menjadi faktor timbulnya kecelakaan ! Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang yang mengatur tentang larangan menggunakan handphone saat berkendara.

Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan Pasal 283 menyebutkan "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)"


Apakah di masa depan sms menggantikan fungsi mulut kita untuk komunikasi ? Miris sekali bukan. Perhatikanlah, Orang yang kecanduan SMS, mereka akan lebih fokus pada handphone mereka. Mereka terlihat mengabaikan lingkungan sekitar, semua konsentrasi hanya tertuju pada SMS yang akan ditulis maupun yang akan diterima. Kemampuan komunikasi seseorang secara langsung akan berkurang seiring dengan kemudahan mereka berkomunikasi melalui handphone. Mereka akan tampak lebih tidak percaya diri dan kurang menghargai orang lain yang berbicara langsung. Coba, perhatikan lagi lebih seksama, jika kecanduan SMS ini menjangkiti anak-anak yang notabene penerus bangsa. Dengan seringnya dan tanpa mengenal waktu anak-anak bermain handphone untuk ber-SMS, maka anak-anak kita akan menjadi malas belajar. Sungguh ancaman yang serius bagi kehidupan manusia. Bagaimana pendapat anda tentang Ancaman Buruk Komunikasi Via SMS ini ? (-red)

Sumber dan Referensi
Berita dan Informasi dengan judul "Ancaman Buruk Komunikasi Via SMS" telah disusun dan dipublikasikan untuk pembaca Boomberita yang sumber dan referensi diperoleh dari :
  • Gambar : http://www.andikafm.com/news/detail/2960/13/berkendara-sambil-sms, http://kaskus.co.id

Kategori:

escendol | debuk | Bookmarkindonesia
Review this blog on Bloggers.comW3 Directory - the World Wide Web Directory

6 komentar:

  1. Sms memang bikin orang ketagihan, banyak orang tak kenal waktu hanya fokus di depan hp, kalo g sms ya telpun ato browsing internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sob. sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik.

      Hapus
  2. Dengan SMS memang komunikasi lebih gampang dilakukan. bermain handphone saat berkendara(SMS atau Telpon)adalah salah satu kebiasaan yang tidak baik bagi keselamatan pengendara itu sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul.. betul.. betul.. lebih baik menepi sejenak ketika ingin menggunakan handphone saat berkendara. lebih aman dan tidak mengganggu konsentrasi berkendara. trims sob atas kunjungannya.

      Hapus
  3. Komunikasi dengan SMS biayanya murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. komunikasi langsung dengan mulut kita juga gratis om. hehe tapi kalo jarak jauh sms paling murah... yang ga baik apabila kita udah kecanduan. :)

      Hapus

Comment here, please! No Spam, No Porn. Follow us : @boomberita. And Like us on Boom Berita. Thanks.

Untuk berlangganan gratis berita dan informasi terbaru dari boomberita via email, silahkan ketik email anda di bawah ini :

Delivered by FeedBurner