» » Kanker muncul dari gaya hidup tak sehat

Selasa, 03 Juli 2012

Kanker muncul dari gaya hidup tak sehat

Kanker muncul dari gaya hidup tak sehat | Boomberita - Penyakit kanker selalu menghantui banyak orang dan sudah banyak nyawa hilang karena penyakit ini. Siapapun bisa terserang penyakit kanker. Kanker merupakan penyebab kematian ke 2 di dunia. Di Indonesia sendiri, penderita kanker selalu bertambah dan 5,7 persen kematian akibat penyakit kanker.

Tingginya angka penyakit kanker di Indonesia tak lepas dari gaya hidup tak sehat masyarakatnya. Gaya hidup seperti merokok dan minum minuman beralkhohol dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker. Asap rokok menghasilkan senyawa kimia yang dapat menyebabkan kanker, yaitu Heterocyclic Amine (HCA). Senyawa tersebut telah terbukti menyebabkan kanker pada organ seperti perut, usus besar, hati dan kulit. Minuman yang beralkhohol dapat beresiko tinggi terhadap kanker kerongkongan. Selain itu makanan yang kita makan juga dapat menjadi faktor resiko penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Menurut penelitian, 89 - 90 % penyebab berbagai kanker berkaitan dengan makanan yang kita makan. Makanan yang diasap, diasinkan, diacar atau makanan yang diawetkan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi pencetus munculnya sel kanker. Gaya hidup tak sehat dengan makan makanan yang banyak mengandung bahan-bahan kimia seperti zat pewarna dan zat peraa buatan juga dapat menimbulkan sel kanker. Tingginya penderita kanker juga sangat dipengaruhi dengan makanan cepat saji. Karena banyak orang indonesia pada jaman sekarang ini lebih memilih mengkonsumsi makanan cepat saji. Sampai sekarang, pennyakit kanker menjadi ancaman besar. Alangkah baiknya kita mencegah sebelum penyakit kanker muncul dan menggerogoti tubuh kita. Karena belum ada obat untuk menghentikan perkembangan sel kanker. Pencegahan dan penanggulangan kanker paling efektif dan efisien adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa cara yang dapat mencegah terjadinya kanker antara lain dengan berpikir positif dan mengurangi stress, pola aktifitas sehat dengan istiahat yang cukup dan olahraga rutin setiap hari. Selain itu pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah. Kurangi makanan yang mengandung pengawet, pewarna dan penyedap rasa. Terakhir, Hindari alkhohol dan rokok. (-red)







Sumber dan Referensi
Berita dan Informasi dengan judul "Kanker muncul dari gaya hidup tak sehat" telah disusun dan dipublikasikan untuk pembaca Boomberita yang sumber dan referensi diperoleh dari :
  • Gambar :  http://healthyinsidenoutside.blogspot.com

Kategori:

escendol | debuk | Bookmarkindonesia
Review this blog on Bloggers.comW3 Directory - the World Wide Web Directory

5 komentar:

  1. bukan hanya kanker saja yang diakibatkan gaya hidup tidak sehat...tapi hampir semua penyakit muncul karena gaya hidup yang tidak sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda benar sob, hanya saja di artikel ini hanya membahas tentang kanker saja. :) Happy blogging.

      Hapus
  2. Dear Vloggers, para Vloggers diwajibkan untuk mengisi data profil VIVAlog di VIVAsocio http://socio.viva.co.id/welcome . Ini untuk memunculkan foto Vloggers di tulisan yang dikirim.

    Thanks.

    BalasHapus
  3. mulai skrg brarti harus dibenerin gaya hidupnya ya

    BalasHapus
  4. artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'gaya hidup' silahkan buka link ini
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3608/1/JURNAL.pdf
    semoga bermanfaat ya

    BalasHapus

Comment here, please! No Spam, No Porn. Follow us : @boomberita. And Like us on Boom Berita. Thanks.

Untuk berlangganan gratis berita dan informasi terbaru dari boomberita via email, silahkan ketik email anda di bawah ini :

Delivered by FeedBurner