» » ASI Eksklusif, pasti bisa !

Rabu, 04 Juli 2012

ASI Eksklusif, pasti bisa !

Di Indonesia, tingkat pemberian ASI Eksklusif masih sangat rendah. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010, bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif hingga umur 6 bulan baru 15,3 %. Rendahnya prosentase pemberian ASI Eksklusif ini mungkin disebabkan karena belum banyak mengetahui akan pentingnya ASI Eksklusif bagi kesehatan dan imunitas bayi. Untuk itu boomberita kali ini akan sedikit mengulas mengenai ASI Eksklusif sebagai wujud kepedulian terhadap ibu dan bayi di Indonesia.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi karena mengandung zat gizi paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI ini harus dianjurkan kepada setiap ibu yang baru melahirkan, untuk itu peranan sarana pelayanan kesehatan sangat penting. Namun mengapa belum semua sarana pelayanan kesehatan memberikan informasi ini dengan baik. Bahkan sebaliknya ada yang acuh tak acuh. Petugas kesehatan yang ada di sarana pelayanan kesehatan harus menjelaskan kepada semua ibu hamil tentang manfaat menyusui dan penatalaksanaannya termasuk cara mengatasi kesulitan menyusui. Ibu mulai menyusui bayinya dalam 30 menit setelah melahirkan, yang biasanya dilakukan di ruang bersalin. Apabila ibu dilakukan operasi caesar, bayi disusui setelah 30 menit ibu sadar. ASI yang keluar pertama kali disebut juga kolostrum mengandung zat antibodi pencegah infeksi pada bayi. Di beberapa daerah ada mitos-mitos tentang menyusui yang salah dan bertentangan dengan ASI Eksklusif, antara lain :

  • Kabupaten Maluku Tengah, terdapat mitos bahwa bayi akan disusukan apabila air susu ibunya telah berwarna putih atau setelah kolostrum di buang;
  • Trunyan Bali, terdapat mitos bahwa sang ibu harus membuang kolostrum sebelum menyusui bayi karena dianggap dapat membuat sakit perut bayi;
  • Kerinci Jambi, terdapat mitos bahwa sebelum susu ibu keluar bayi diberi makan roti atau air bergula bahkan keluarga yang mampu diberikan madu.
Itulah beberapa mitos-mitos di beberapa daerah di Indonesia. Mitos tersebut sangat bertentangan dengan kenyataan sebenarnya mengenai ASI Eksklusif. ASI yang keluar pada hari pertama sampai hari kelima atau ketujuh jernih dan merupakan cairan yang berwarna kekuningan. Cairan ini mengandung zat putih telur atau protein yang kadarnya tinggi dan zat infeksi atau kekebalan. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja sejak lahir hingga bayi berusia 6 bulan. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menkes RI No. 450/MENKES/SK/IV/2004 tentang Pemberian ASI Secara Eksklusif Pada Bayi di Indonesia. Dalam keputusan tersebut menjelaskan bahwa untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal, ASI perlu diberikan secara eksklusif sampai umur 6 bulan dan dapat dilanjutkan sampai anak umur 2 tahun. Selama pemberian ASI eksklusif tidak diharapkan mendapat tambahan cairan lain seperti susu formula. Karena pemberian susu formula pada bayi justru akan menggagalkan ASI Eksklusif yang sangat bermanfaat untuk sang buah hati. Berikut ini perbedaan ASI dan Susu Formula :
KeteranganASISusu Formula
Kontaminan BakteriTidak adaKemungkinan ada bila dicampurkan
Faktor anti infeksiAdaTidak ada
Faktor pertumbuhanAdaTudak ada
ProteinJumlah sesuai dan mudah dicernaSebagian diperbaiki
LemakCukup mengandung asam lemak essensial,
DHA, AA dan mengandung lipase
Kurang ALE, tidak ada DHA dan AA,
tidak ada lipase
Zat besiJumlah kecil tetapi sangat mudah dicerna bayiDitambahkan ekstra dan tidak diserap dengan baik
VitaminCukupDitambahkan
AirCukupPerlu tambahan

Dari berbagai macam perbedaan tersebut sudah pasti ASI memiliki nilai lebih dan praktis. Para ibu dapat memberikan ASI kapan saja dan dimana saja tanpa perlu memberikan botol dan perangkatnya. Tidak perlu menakar dan repot menjinjing semua perlengkapannya. Kapanpun bayi membutuhkan, ibu tinggal membuka payudara dab menyodorkan ke mulut sang bayi. Namun hal tersebut tidak mudah bagi sang ibu untuk mempraktekkannya, dibutuhkan dukungan dan motivasi dari lingkungan keluarga seperti suami dan orang tuanya. Motivasi membuat seseorang menjadi lebih bersemangat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut ini ada sebuah hadist Rasulullah SAW yang sedikit memberikan inspirasi untuk anda mengenai pemberian ASI :
Rasulullah SAW bersabda : Jika perempuan menyusui, maka setiap tetes air susu yang dihisap oleh anaknya seperti memerdekakan orang dari keturunan Nabi Ismail AS. (Al-Wasail 15: 176 - 175, hadis ke 1)

Demikian sedikit informasi mengenai ASI Eksklusif, tiga kata untuk para ibu, anda bisa, yakin bisa dan pasti bisa memberikan ASI Eksklusif. Jika anda ingin mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ASI Eksklusif, boomberita merekomendasikan http://aimi-asi.org. (-red)






Sumber dan Referensi
Berita dan Informasi dengan judul "ASI Eksklusif, pasti bisa !" telah disusun dan dipublikasikan untuk pembaca Boomberita yang sumber dan referensi diperoleh dari :
  • http://aimi-asi.org.com



Kategori:

escendol | debuk | Bookmarkindonesia
Review this blog on Bloggers.comW3 Directory - the World Wide Web Directory

0 komentar:

Posting Komentar

Comment here, please! No Spam, No Porn. Follow us : @boomberita. And Like us on Boom Berita. Thanks.

Untuk berlangganan gratis berita dan informasi terbaru dari boomberita via email, silahkan ketik email anda di bawah ini :

Delivered by FeedBurner