» » Ketika Anak Melontarkan Kata Kasar

Rabu, 06 Juni 2012

Ketika Anak Melontarkan Kata Kasar

Ketika Anak Melontarkan Kata Kasar | Boom berita
Ketika anak melontarkan kata kasar | Boomberita - Lingkungan dimana seorang anak tumbuh dan berkembang memang sangat mempengaruhi perilaku anak. Anak akan banyak belajar dan meniru hal-hal baru yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Baik itu lingkungan keluarga maupun lingkungan diluar keluarga. Jika orang tua tidak membekali dan memberikan pemahaman bagaimana memilah yang baik dan yang buruk. Maka bukan tidak mungkin anak akan meniru kata-kata kasar dari pergaulannya. Ketika anak-anak melontarkan kata-kata kasar, maka perlu respon yang tepat dari orang tua untuk menanggapi ucapan kasar anaknya. Jangan memarahi anak ketika berkata kasar. Memarahi anak justru akan membuat anak jadi bingung, anak akan beranggapan kalau dia tidak boleh berkata kasar mengapa orang tua memarahinya dengan kasar. Respon lain yang tidak boleh dilakukan adalah mendiamkan anak ketika berkata kasar. Hal tersebut akan membuat anak menganggap kata-kata kasar tersebut lumrah untuk diucapkan. Apalagi jika respon orang tua adalah tertawa ketika melihat anak berkata kasar, si anak justru akan mengulangi kata tersebut untuk menarik perhatian agar terlihat lucu.
DMCA.comPengaturan respon ketika anak melontarkan kata kasar penting untuk memberikan pemahaman anak. Berikanlah penjelasan dengan baik dengan menayakan darimana sang anak belajar kata kasar tersebut. Pemahaman lain yang harus diberikan adalah beritahu kata-kata tersebut tidak baik dan akan membuat sedih bagi mereka yang mendengarnya, hal itu berarti si anak telah melakukan kesalahan dan harus meminta maaf serta tidak boleh mengulanginya lagi. Jika anak masih mengulangi mengucapkan kata-kata kasar, berikanlah sanksi agar anak tahu kalau orang tua benar-benar serius. Contoh sanksinya seperti anak tidak boleh bermain kalau dia masih mengulangi berkata kasar. Demikian berita dan informasi mengenai "Ketika Anak Melontarkan Kata Kasar" yang terangkum dalam review boomberita. Semoga bermanfaat. (-red)

Kategori:

escendol | debuk | Bookmarkindonesia
Review this blog on Bloggers.comW3 Directory - the World Wide Web Directory

2 komentar:

  1. Perihal kata kasar ini memang menjadi masalah penting bagi tumbuh kembang anak. Lingkungan memproduksi kata kasar seakan itu umum untuk segala usia. Padahal di dalam lingkungan ada anak kecil pula. Strategi-strategi seperti ini patut terus diimplementasikan dan dikembangkan agar sikap dan perilaku anak bertumbuh baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semoga para orang tau mempunyai kemampuan untuk memahami dan membimbing anaknya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Comment here, please! No Spam, No Porn. Follow us : @boomberita. And Like us on Boom Berita. Thanks.

Untuk berlangganan gratis berita dan informasi terbaru dari boomberita via email, silahkan ketik email anda di bawah ini :

Delivered by FeedBurner