» » Berwisata di Jogja, Istimewa

Minggu, 17 Juni 2012

Berwisata di Jogja, Istimewa

Berwisata di Jogja, Istimewa | Boomberita - Yogyakarta (Jogja) terbukti memang istimewa. Keanekaragaman potensi pariwisata ada di Jogja, sangat menarik untuk dieksplorasi. Nama Yogyakarta sendiri berasal dari kata "Ayodhya" yang bermakna tidak ada perang (damai), dan "Karta" yang berarti bahagia atau tenteram. Beragam potensi wisata ada di Jogja, mulai dari wisata budaya, wisata alam dan wisata kuliner terdapat di jogja yang istimewa ini.

WISATA BUDAYA
Wisata budaya dilakukan dengan melakukan kunjungan ke suatu tempat untuk mengetahui adat istiadat atau kebudayaannya. Mau berwisata budaya di Jogja ? Kunjungilah Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Kebudayaan Jogja sangat dipengaruhi oleh Kraton Yogyakarta. Disana terdapat gedung "Pagelaran" yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan kebudayaan, keagamaan dan juga kepentingan masyarakat Jogja. Seperti kegiatan upacara "Grebeg" Kraton Yogyakarta yang merupakan upacara adat simbol kemurahan hati raja yang mengayomi kawulanya. Upacara "Grebeg" ini diadakan tiga kali dalam setahun, yaitu Grebeg Syawal, Grebeg Maulud dan Grebeg Besar.

Museum Kereta Kraton
Untuk anda yang hobi mengunjungi museum budaya, Jogja memiliki banyak museum budaya. Salah satunya adalah Museum Kereta Kraton, disana anda dapat melihat koleksi kereta-kereta milik kraton Yogyakarta. Diantaranya adalah Kyai Garuda Yeksa, Kyai Jaladara, Kyai Kanjeng Jimat. Letaknya tidak jauh dari "Pagelaran" Kraton Yogyakarta.


Tamansari
Lokasi Wisata budaya lain di Kraton Yogyakarta yang sangat diminati wisatawan adalah "Tamansari". Sebuah taman air dimana pada jaman dahulu keluarga dan tamu-tamu penting kerajaan menghabiskan waktu luang disini. Di dalam Tamansari terdapat ruangan untuk beristirahat dan kolam renang . Tamansari ini  dahulu didesain oleh orang Portugis.

WISATA ALAM

Daerah Istimewa Yogyakarta Terbagi menjadi beberapa wilayah Kabupaten yaitu Kab. Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Gunung Kidul dan Kab. Kulon Progo. Dari gunung hingga pantai ada di Jogja, itulah istimewanya Jogja dibandingkan daerah lain. Gunung Merapi menjadi unggulan wisata alam di Jogja. Walaupun Gunung Merapi masih aktif dan sering meletus dalam beberapa waktu yang lalu, Gunung ini tetap menjadi alternatif pendakian yang menantang bagi para pecinta alam. Keistimewaan gunung ini menjadikan Jogja lain dari wilayah lain. Selain gunung, wisata alam lain di Jogja adalah pantainya. Jogja memiliki segudang pantai yang indah dan menarik dikunjungi. Diantaranya Wilayah Bantul memiliki Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Gua Cemara, dll. Tidak hanya itu saja wilayah Gunung Kidul memiliki Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Wedi Ombo, dll. Masih kurang ? ada pantai juga di Kulon Progo seperti Pantai Glagah. Silahkan pilih pantai mana yang mau anda kunjungi. Istimewa bukan?
Pantai Glagah
Pantai Parangtritis
Pantai Wedi Ombo

WISATA KULINER
Geblek dan Tempe Benguk
Berwisata kuliner memang menyenangkan, selain kita dapat mencicipu makanan khas daerah tertentu, perut kita pun kenyang. Jogja memang terkenal dengan "GUDEG"nya, apa cuma gudeg saja ? Salah, beragam kuliner menarik ada di Jogja. Nikmati malam yang dingin dengan Kopi JOSS di Angkringan Jogja, atau ingin nuansa dingin dengan menikmati "Jadah Tempe" dan Salak di wilayah Kaliurang, Sleman. Atau pernahkah anda mendengar makanan "Geblek", makanan khas wilayah Kulon Progo. Masih banyak lagi alternatif wisata kuliner di Jogja untuk mengistimewakan lidah anda.

Terakhir, jenis wisata apa yang ingin anda kunjungi di Jogja ? Silahkan pilih sendiri dan enjoy your trip at Jogja. Jogja Istimewa Paling Indonesia, kapan ke jogja lagi ? (-red)




Sumber dan Referensi
Berita dan Informasi dengan judul "Berwisata di Jogja, Istimewa" telah disusun dan dipublikasikan untuk pembaca Boomberita yang sumber dan referensi diperoleh dari :
  • Gambar : traveljogja.com, yogyes.com, zipoer7.wordpress.com

Kategori:

escendol | debuk | Bookmarkindonesia
Review this blog on Bloggers.comW3 Directory - the World Wide Web Directory

6 komentar:

  1. satu kota yang ingin saya kunjungi dan belum kesampean..Jogja..
    nice share
    Blogwalking sore
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. luangkanlah waktu tuk menginjakkan kaki ke jogja yang istimewa. terima kasih blogwalkingnya.

      best regard,
      Boomberita

      Hapus
  2. keren sob,, saya pernah k masjid keraton. tapi yang diarak tuh acara apa ya,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan ke jogja lagi ? :) Yang diarak itu acara grebeg gunungan sob...

      Hapus
  3. keren,,tp blm pernah pergi ksana..hehe

    BalasHapus
  4. pengen banget deh ke sana. tapi kapan ya? nunggu apa ya? duit kyaknya... :)

    BalasHapus

Comment here, please! No Spam, No Porn. Follow us : @boomberita. And Like us on Boom Berita. Thanks.

Untuk berlangganan gratis berita dan informasi terbaru dari boomberita via email, silahkan ketik email anda di bawah ini :

Delivered by FeedBurner