» » Sekilas Pelaksanaan Ujian Nasional di SMP N 3 Jetis Bantul

Selasa, 15 Mei 2012

Sekilas Pelaksanaan Ujian Nasional di SMP N 3 Jetis Bantul

Sekilas Pelaksanaan Ujian Nasional di SMP N 3 Jetis Bantul | BoomberitaSekilas Pelaksanaan Ujian Nasional di SMP N 3 Jetis Bantul | Boomberita – Dalam kesempatan ini boomberita mencoba memberikan sekilas informasi dan berita tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMP di SMP N 3 Jetis Bantul yang beberapa waktu lalu telah berlangsung tanggal 23 s/d 26 April 2012. SMP N 3 Jetis Bantul beralamat di Jalan Parangtritis KM. 14,5 Dusun Patalan, Jetis, Bantul. Merupakan sekolah negeri dengan input siswa dengan kemampuan akademis tingkat menengah kebawah. Mengapa demikian ? Berdasarkan penjelasan dari narasumber, siswa di SMP N 3 Jetis Bantul merupakan siswa yang tidak diterima di SMP di Kota Bantul. Dengan kata lain sekolah ini merupakan alternatif pilihan setelah tidak diterima di SMP lain di Kota Bantul. Kondisi ekonomi orang tua siswa juga sebagian besar sebagai buruh dan pedagang di wilayah bantul.

Dengan kondisi tersebut maka SMP N 3 Jetis Bantul berkomitmen untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada khususnya tenaga pendidik / guru. Komitmen tersebut adalah mendayagunakan tenaga pendidik / guru untuk selalu berkreatifitas dalam menciptakan inovasi proses pembelajaran guna meningkatkan prestasi siswa salah satunya adalah mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Nasional. Perlu diketahui bahwa sebagian besar tenaga pendidik / guru di SMP N 3 Jetis Bantul telah bersertifikasi dan memenuhi standar pendidikan S1. Prestasi yang membanggakan juga pernah diraih oleh beberapa guru SMP N 3 Jetis Bantul pada tahun 2011 – 2012 mewakili Bantul. Salah satunya adalah Bapak Agus Purnama, S.Pd. yang mendapat Juara I Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan komitmen tersebut, SMP N 3 Jetis Bantul berusaha untuk mempersiapkan siswa-siswanya menghadapi Ujian Nasional secara maksimal. Tiga target utamanya adalah sukses persiapan, pelaksanaan dan hasil Ujian Nasional.

Sekilas Pelaksanaan Ujian Nasional di SMP N 3 Jetis Bantul | Boomberita
SMP N 3 JETIS BANTUL

SMP N 3 Jetis Bantul telah mempersiapkan para siswa dengan memberikan program pembelajaran yang diberi nama ”Saturday Breakfast” (Sarapan Sabtu Pagi) selama 3 bulan sebelum Ujian Nasional. Les tambahan untuk mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional juga diberikan di sore hari selama 2 jam pelajaran yang berlangsung 4 kali dalam seminggu. Mendekati hari pelaksanaan Ujian Nasional, SMP N 3 Jetis Bantul secara maksimal memberikan test pendalaman materi sebanyak 9 kali dan program AMT (Achievment Motivation Training) untuk memantapkan dan memotivasi siswanya. Doa bersama dengan orang tua siswa tak lupa dilaksanakan. Harapannya insyaallah semua siswa SMP N 3 Jetis Bantul berhasil mengerjakan Ujian Nasional dan lulus dengan nilai rata-rata meningkat dari tahun sebelumnya.

Setelah Ujian Nasional berlangsung informasi yang didapat ada beberapa siswa yang mengatakan bahwa Mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah yang dirasa paling sulit dibandingkan Mata Pelajaran lainnya seperti Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Namun demikian, hasil Ujian Nasional belum keluar dan para siswa harus tetap optimis dan berdoa agar mendapat yang terbaik. Amin. (-red)

Sumber :
Hasil Wawancara dengan Bapak Drs. Agus Supriyanta, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP N 3 Jetis Bantul



Kategori:

escendol | debuk | Bookmarkindonesia
Review this blog on Bloggers.comW3 Directory - the World Wide Web Directory

0 komentar:

Posting Komentar

Comment here, please! No Spam, No Porn. Follow us : @boomberita. And Like us on Boom Berita. Thanks.

Untuk berlangganan gratis berita dan informasi terbaru dari boomberita via email, silahkan ketik email anda di bawah ini :

Delivered by FeedBurner